Pages

Monday, August 20, 2018

Lulus Keperawatan di UMM Bisa Langsung Ke Jepang

Malang: Mahasiswa semester 1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kini bakal mendapatkan program persiapan kemampuan berbahasa Jepang dan kompetensi pendukung.  Agar begitu selesai masa studi, lulusan siap untuk diberangkatkan ke Jepang.

Program tersebut adalah hasil lanjutan kerja sama dengan Mate-care co. Ltd, yang menyelenggarakan program belajar bahasa Jepang, sekaligus praktik dalam merawat pasien lanjut usia (lansia).  “Periode ini, mahasiswa keperawatan semester 1 akan dibekali bahasa Jepang. Sehingga begitu lulus langsung bisa dikirim ke Jepang," kata Koordinator Asisten Khusus Rektor UMM, Tulus Winarsunu, Senin, 20 Agustus 2018.

Salah satu pengajar pada program ini pun langsung didatangkan dari Jepang. Dia adalah Yamamoto dari Kobe International University.

"Program ini berlangsung selama delapan bulan. Untuk para lulusan, dilaksanakan sebelum mereka diberangkatkan ke Jepang," lanjut Tulus.

Baca: UMM Kembangkan Produk Mie dari Umbi-umbian

Yamamoto memiliki segudang pengalaman dalam dunia keperawatan. Lebih dari 10 tahun, dia berkecimpung di sebuah rumah sakit lansia ternama di Jepang.

“Saya pernah terkena penyakit kanker, kemudian dioperasi dan dirawat di rumah sakit lansia. Saya kemudian bekerja di sana, dan dari situlah saya tahu banyak permasalahan yang dihadapi para lansia,” ungkap Yamamoto.

Selain Yamamoto, Dr S Sugiura dari Reitaku University juga tertarik dengan program yang diselenggarakan UMM ini. Sugiura berencana mengikuti jejak Yamamoto untuk melakukan kerja sama di kemudian hari.

“Perihal konkret kerja sama nantinya belum bisa saya jawab sekarang, tapi saya pastikan akan membawa pesan dari rektor UMM, untuk disampaikan kepada rektor saya di Jepang untuk didiskusikan kepada petinggi-petinggi,” terang Sugiura.

Dengan adanya program kerja sama ini, diharapkan dapat mempersingkat waktu tunggu kerja bagi lulusan keperawatan UMM. Sehingga lewat bekal kompetensi yang diberikan, UMM memastikan lulusannya siap terjun ke dunia kerja dan berkarya.

(CEU)

Let's block ads! (Why?)

http://news.metrotvnews.com/peristiwa/nN95AgAN-lulus-keperawatan-di-umm-bisa-langsung-ke-jepang

No comments:

Post a Comment