Pages

Sunday, September 9, 2018

Indonesia di Atas Thailand dan Filipina

Jakarta: Pelajar Indonesia kembali memgharumkan nama bangsa dengan membawa pulang empat medali, masing-masing tiga perak dan satu perunggu dari International Olympiad in Informatics (IOI) ke-30 yang diselenggarakan di Tsukuba, Jepang 1-8 September 2018.

Keempat siswa yang tergabung dalam Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) itu adalah, Abdul Malik Nurrokhman (SMA Semesta BBS Semarang), Steven Wijaya (SMA Kanisius Jakarta), Ahmad Haulian Yoga Pratama (SMA Taruna Nusantara Magelang), dan Muhammad Salman Al-Farisi (SMA Taruna Nusantara Magelang).  

Dalam kompetisi yang digelar selama dua hari tersebut, Steven Wijaya berhasil meraih nilai 326 dan mendapat urutan 34 dari 335 peserta.  Abdul Malik berhasil meraih nilai 319 dan mendapat urutan ke-43, Ahmad Yoga dengan nilai 272 di posisi ke 84.  Sedangkan Muhammad Salman dengan nilai 230 mendapat medali perunggu.

"Total medalinya tiga perak, dan satu perunggu," kata Kepala Sub Direktorat Peserta Didik, Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah (dikdasmen), Kemendikbud, Suharlan, di Jakarta, Minggu, 9 September 2018.

Meski belum mendapatkan emas, namun kata Suharlan capaian prestasi Indonesia di IOI meningkat tahun ini.  Di mana tahun lalu, Indonesia hanya mendapat satu medali perak dan tiga medali perunggu.

IOI ke-30 ini diikuti 335 peserta dari 87 negara.  Nilai tertinggi dalam kompetisi ini diraih oleh Benjamin Qi dari Amerika Serikat yang berhasil meraih nilai 499, dari total 600 poin yang mungkin dicapai.   Adapun Republik Rakyat Tiongkok berhasil meraih predikat juara umum dengan mengumpulkan empat medali emas

Baca: Demi Bela Merah Putih "Babon" Rela Tunda Skripsi

Terdapat 167 medali yang didistribusikan dalam IOI ke-30 ini, dengan rincian medali emas sebanyak 29 buah, minimal nilai 336.  Kemudian medali perak 55 buah dengan nilai minimal 272, dan medali perunggu 83 buah untuk nilai minimal 187.  

Suharlan mengatakan, dibandingkan dengan negara di kawasan ASEAN lain seperti Thailand (satu perak dan tiga perunggu), Filipina (satu perak), Indonesia masih lebih unggul. Sementara Malaysia berhasil mendapatkan satu emas.

"Kita hanya tertinggal dari Singapura yang berhasil mendapat satu emas, dua perak, dan satu perunggu. Selain itu Vietnam, satu emas, satu perak, dan dua perunggu," sebutnya.

(CEU)

Let's block ads! (Why?)

http://news.metrotvnews.com/peristiwa/eN4X833N-indonesia-di-atas-thailand-dan-filipina

No comments:

Post a Comment