Pages

Friday, August 24, 2018

Ribuan Personel Amankan Maraton Asian Games

Jakarta: Pertandingan maraton Asian Games 2018 akan digelar Sabtu-Minggu, 25-26 Agustus 2018. Pihak kepolisian akan menerjunkan ribuan aparat keamanan. 

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Pusat, Ajun Komisaris Besar (AKBP) Juang Andi Priyanto mengatakan pihaknya bakal menurunkan 1.893 personel gabungan untuk memastikan kelancaran pertandingan tersebut.

"Total ada 1.893 personel gabungan yang terdiri dari Mabes Polri, Polres, dan Polda yang akan bertugas mengamankan lalu lintas selama maraton Asian Games," ujar Juang dilansir dari Antara, Jumat, 24 Agustus 2018. 

Personel gabungan akan disebar di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin-Gajah Mada-Hayam Wuruk tempat pertandingan dilaksanakan. Petugas akan melakukan pengamanan, penjagaan pada rute yang dilalui peserta, hingga melakukan rekayasa lalu lintas. 

Dia menyebut personel keamanan akan difokuskan di sekitar Gelora Bung Karno (GBK), Senayan hingga Gambir. 

Di wilayah Gambir, petugas akan berkonsentrasi di traffic light Bina Graha, pertigaan Majapahit, belakang Museum Nasional, IRTI Monas, traffic light Budi Kemuliaan, pertigaan Jalan Pembangunan II, Jalan Batuceper, Jalan Alaydrus, hingga pertigaan Duta Merlin. 

Petugas juga diminta untuk mengantisipasi berbagai macam gangguan keamanan, seperti kekacauan peserta maupun penonton dan unjuk rasa yang dapat menganggu kegiatan pertandingan maraton Asian Games. 

Selain itu, Polisi juga sudah melakukan rencana evakuasi medis jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Polisi merujuk beberapa rumah sakit di sekitar area pertandingan, yaitu RS Jantung Harapan Kita, RS Cipto Mangunkusumo, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, RSUD Tarakan, RSUD Budi Kemuliaan, RS Jakarta, RS Siloam Semanggi, Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintoharjo, dan RS Tebet.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga telah mengumumkan akan melakukan pengalihan arus lalu lintas sehubungan dengan adanya kegiatan ini. Untuk itu, Juang mengimbau kepada masyarakat yang akan beraktivitas esok hari agar menghindari ruas jalan tersebut dan menyesuaikan dengan pengaturan arus lalin. 

(HUS)

Let's block ads! (Why?)

http://news.metrotvnews.com/peristiwa/0k8ZwMWN-ribuan-personel-amankan-maraton-asian-games

No comments:

Post a Comment