Pages

Monday, August 6, 2018

Fahri Hamzah Ingin Gempa Lombok Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

Jakarta: Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Fahri Hamzah meminta pemerintah segera menetapkan gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), sebagai bencana nasional. Dengan penetapan status tersebut diharapkan penanganan yang dilakukan bisa lebih cepat dan maksimal.

"Bukan saja karena skala dari bencana itu, tetapi ini satu pulau, wilayah baru, yang sedang kita perkenalkan ke dunia internasional sebagai daerah tujuan wisata. Dan Lombok sedang mendapat perhatian yang menggairahkan, karena sebagai tujuan destinasi wisata halal terbaik di dunia," kata Fahri, dalam keterangan tertulis, Senin, 6 Agustus 2018.

Politikus PKS itu beralasan, selain menjadi pusat perhatian dunia, bencana di Lombok juga memiliki dampak buruk bagi masyarakat. Mayoritas bangunan roboh akibat diguncang gempa. 

"Karena efeknya meluas hampir di seluruh pulau. Bahkan, di kota Mataram dan Lombok Barat saya mendapat laporan, kantor Bupati Lombok Barat yang jauh dari titik gempa, itu pun hancur. Artinya, kalau yang jauh saja ada korban meninggal, apalagi yang terdekat, yang sekarang ini sedang tahap evakuasi," kata dia.

Oleh karena itu, Fahri menyebut penanganan korban bencana gempa di Lombok memerlukan dukungan pemerintah pusat dan sumber daya dari masyarakat umum. 

"Mudah-mudahan masyarakat lebih keras tergerak untuk ke Lombok. Nah itu, sumber dayanya saja, khususnya dana dari apa yang akan dibeli oleh masyarakat (korban gempa) setempat. Baik keperluan medis untuk jangka pendek, maupun untuk keperluan selanjutnya dalam tahapan recovery," ucapnya.

Fahri juga meminta pemerintah membangun fasilitas pendukung yang merata di Pulau Lombok. Sebab, instalasi bantuan di sana tidak merata, seperti di Lombok Selatan. "Dari titik gempa ke Selong, tempat rumah sakit umum ada. Itu bisa tiga sampai empat jam jarak tempuhnya. Saking jauhnya rumah sakit itu. Apalagi, dalam keadaan gempa sekarang ini, banyak sekali halangan," ujar dia.

(ROS)

Let's block ads! (Why?)

http://news.metrotvnews.com/daerah/nbw7Zgmb-fahri-hamzah-ingin-gempa-lombok-ditetapkan-sebagai-bencana-nasional

No comments:

Post a Comment